Legen Ternyata Bahan Baku Pembuatan

by - September 10, 2019

Legen Sebagai Bahan Baku Pembuatan Gula Merah


Petani Legen yang memanen hasil
Meskipun legen memiliki rasa asam, tapi jangan salah sangka kalau minuman satu ini bisa dibuat jadi Gula Merah loh. Dengan proses yang tepat, legen bisa diubah menjadi gula merah dengan cara direbus hingga sedikit mengental.

Lihat juga : Bumbung Nira Pohon Lontar

perlatan sederhana yang digunakan untuk merebus legen


Perubahan warna yang awalnya putih menjadi coklat menjadi penanda kalau legen sudah siap dicetak. Hasil dari perebusan legen menghasilkan cairan gula merah. Proses perebusan ini masih menggunakan alat yang sederhana dan tradisional. Bisa dilihat tungku perebus legen yang terbuat dari tanah liat disamping. Pengaduk legen juga terbuat dari pelepah dauh lontar yang dibentuk seperti di gambar.


Kerek lontar, cetakan Gula Merah

Selanjutnya adalah pencetakan. Cetakan yang digunakan adalah daun lontar yang dilingkarkan seperti sabuk. Cetakan ini disebut Kerek.

baca juga : Kerek Lontar Cetakan Gula Merah
beberapa kerek yang ditata dan siap untuk digunakan
Pencetakannya sendiri cukup mudah, legen yang sudah menjadi cairan gula diambil sedikit  dari panci menggunakan mangkok dari batok kelapa.

proses pencetakan gula merah
Pertama, tuangkan sedikit cairan gula merah dan tunggu hingga sedikit mengeras. Setelah mengeras, selanjutnya penuhi sesuai dengan cetakan, Berikut video pembuatan gula merahnya. 123



Setelah itu, tunggu sekitar setengah jam agar gula merah menjadi gula siap jual maupun konsumsi.
Gula Merah ini dijual sekitar 15-23 ribu rupiah per kilonya. Namun, karena peminat dari legen yang banyak, jarang ada produsen Gula Merah dari legen. 

kunjungi : Ternyata Rembang Produsen Hasil Lontar

bersama 3 rekan saya berfoto dengan produsen gula merah, Ibu Yasmi
Fotografer : M. Satrio Pratama, M. Syukur Ali Ma'ruf
Pembimbing : Bapak Suhadi, M.Pd, Bapak Ma'rufin

You May Also Like

0 comments